Iseng iseng nulis prosesi lamaran saya kemaren hihihihi…..

papan lamaran
Lamaran Haris & Bella

Jadi dulu saya bertemu dengan Bella tu waktu saat kita sama sama sedang magang & kerja praktek di Bandara Soekarno Hatta. Waktu itu Bella magang di bagian HRD Angkasa Pura dan saya kerja praktek di bagian maintenance runway Soekarno Hatta. Perkenalan juga cukup singkat waktu bagian HR menerima tim kerja praktek saya. 

Obrolan dengan Bella waktu itu juga hanya sekali (kebetulan ketemu gitu di lobby xixixi) dan hanya sebatas tanya jawab tentang transportasi antara tempat tinggal menuju bandaranya gimana. Lalu magang Bella juga ternyata sudah hari hari terakhir disaat saya baru mulai masuk. Makanya ga ketemu lagi besoknya dan setelah pertemuan itu kita bahkan ga pernah kontakan lagi beberapa bulan. 

Trus gimana bisa deket lagi ?
Ya gituu wkwkwkw….

Jadi pada suatu malam yang random, ane ngeliat update an Line doi yang lagi galau… dan gua juga lagi galau in hal yang sama wkwkwkkwkw… akhirnya sama sama curhat masalah masing masing, ngobrol, nyemangatin, saling ngasih solusi, dan ya gitu gitu dah intinya…. 

Setelah saya lulus, akhirnya kita ketemuan lagi setelah sekian lama…. lanjut lanjut lanjut makin intense… sampai akhirnya kita berdua sepakat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius xixixiixi..

Nah ini ane mau berbagi juga gimana prosesi lamaran kemaren.

lamaran

Prosesi Lamaran

Kedatangan Keluarga Mempelai Pria

Prosesi lamaran dimulai dengan kedatangan keluarga saya (mempelai pria) di rumah mempelai wanita. Kemudian, keluarga Bella menyambut serta mempersilakan keluarga ane untuk masuk ke dalam venue samping rumahnya di mana acara dilangsungkan.
Selain keluarga inti, dateng juga rombongan keluarga besar dan tetangga. Tidak lupa juga membawa seserahan untuk melamar sang mempelai wanita.

lamaran
Ibu Bella Yang Baju Pink
lamaran
seserahan
seserahan
seserahan
seserahan

Pembukaan Acara Lamaran dan Doa

Setelah kedua belah keluarga saya dan Bella berada di venue, prosesi lamaran dibuka dengan kata sambutan oleh pembawa acara. Sang pembawa acara atau MC menyampaikan ucapan selamat datang serta terima kasih atas kehadiran seluruh pihak dan mengkonfirmasi maksud dan tujuan kedatangan rombongan keluarga Pria ke rumah Wanita.

MC akan menjelaskan urutan acara lamaran secara singkat. Dan dilanjutkan dengan pembacaan doa.

foto lamaran
foto lamaran

Sambutan Perwakilan Keluarga Pria

Sambutan dilakukan oleh perwakilan yang sudah ditunjuk sebelumnya dari keluarga saya. Saat ini juga perwakilan dari keluarga saya mengutarakan maksud kedatangan kami, yaitu untuk melamar sang mempelai wanita.

foto lamaran

Sambutan Perwakilan Keluarga Wanita

Selanjutnya adalah sambutan Perwakilan dari Keluarga Bella. Mereka juga menyambut dengan baik kedatangan Keluarga Pria.

foto lamaran

Pemberian Hantaran Secara Simbolis

Acara selanjutnya Ibu saya memberikan hantaran secara simbolis kepada Ibu Bella

foto lamaran

Pernyataan Lamaran dari Pria dan Jawaban dari Pihak Wanita

Setelah Bella dipanggil ke depan, ane pembukaan terlebih dahulu, meminta izin kepada orang tua sendiri dan orang tua pihak wanita. Lalu selanjutnya baru melamar Bella dan langsung dijawab oleh Bella….

foto lamaran

Pemasangan Cincin dan Perhiasan

Umumnya, ibu sang mempelai wanita akan memasangkan cincin kepada mempelai pria dan begitu pula sebaliknya, ibu sang pria memasangkan cincin kepada mempelai wanita. Serta pemasangan perhiasan dari seserahan

foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran

Perkenalan Kedua Pihak Keluarga

Perkenalan keluarga dilakukan oleh perwakilan masing masing

foto lamaran
foto lamaran

Pemberian Selamat, Foto Foto, dan Makan

Pemberian selamat atas lamaran kedua mempelai serta foto foto dengan kedua mempelai

foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran
foto lamaran

Pengumuman Tanggal Akad oleh Pembacaan Doa Penutup

Acara ditutup dengan pengumuman waktu dan tempat akad resepsi serta doa penutup agar pelaksanaan pernikahan berjalan lancar. Kemarin juga keluarga Bella memberi seserahan balasan buat ane.

doa lamaran

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Saat Lamaran

Perhatian…. beberapa bagian bakal geli banget bacanya wkwkkw
Ini gua pas ngetik juga rada rada geli gimana gitu

Btw INI CUMA CONTOHHHHHH YG ANE BUAT BUAT SENDIRI…. jangan juga dihapalin plek plek… kan bakal beda beda pertanyaan mertua, mc, dan keadaan dari si calon mempelai… 
Oke langsung aja ini dibawah contoh contohnya…

Maksud dan tujuan kedatangan rombongan pria ke rumah ? (Buat Yang Nyambut)

Yang terhormat Bpk. …….. & Ibu ……… 
Beserta keluarga besar saudari Nabilla Yoanita yang saya hormati
Saya mewakili keluarga dari ananda Haris, ingin menghaturkan beberapa hal… niatan pertama adalah untuk bersilaturahim kepada keluarga Nabilla Yoanita agar dapat mengenal lebih dekat lagi

Yang kedua…. berbekal pada keyakinan takdir Allah SWT…. maksud dan tujuan kehadiran kami pada hari ini, tiada lain dalam rangka menghantarkan ananda Muhammad Haris Restu Utama S.T., untuk menyampaikan lamaran kepada ananda Nabilla Yoanita S.Psi

Mengapa memilih Bella ?

Assalamualaikum wr wb
Pertama tama saya ucapkan terima kasih atas sambutan penerimaan yang telah diberikan kepada keluarga Haris
Setelah mengenal Bella cukup lama, saya yakin Bella adalah wanita yang tepat untuk mendampingi hidup saya… saya juga yakin Bella dapat membawa berkah, kebaikan, dan kebahagiaan di dunia dan akherat kelak…
Karena saya senang dengan kepribadian Bella yang baik… dia sangat care dengan orang disekitarnya, agamanya juga kuat… saya selalu merasa nyaman ketika berada disampingnya…
Tidak lupa juga parasnya yang anggun dan menawan… membuat saya tidak pernah bosan memandangi Bella

tahan… jan muntah…

Ucapan Saat Melamar

Bella… Insya Allah saya berjanji sesuai dengan ajaran Islam untuk selalu berusaha dengan segenap kemampuan saya untuk menjaga putri bapak dan ibu Bella, seperti bapak dan ibu menjaganya….. Maka dari itu saya mohon izin untuk meminang Bella…. agar dapat menyempurnakan setengah agama saya
Saya sangat ingin Bella menjadi pasangan hidup saya nantinya… Jika bapak Bella, Ibu Bella, dan Bella berkenan…. izinkan saya membahagiakan Bella di dunia serta di akherat dengan menerima lamaran saya

Apakah Haris bersedia menjaga, menafkahi, dan melindungi Bella ?

Assalamualaikum wr wb….
Dengan segenap kerendahan hati, saya siap… untuk mencintai, menjaga, meneruskan amanah dari orang tua, untuk mengurus, bertanggung jawab dan mencintai Bella sampai akhir hayat
Semoga yang diinginkan terutama dari orang tua yang terbaik untuk Bella dapat terwujud

Apakah Bella bersedia menerima lamaran dari ananda Haris Restu Utama

Bismillahirrahmanirrohim, mama dan papa yang Bella sayangi… dengan memohon ridha Allah SWT, lalu dengan restu dari papa dan mama serta restu keluarga besar… Bella bersedia lahir batin menerima lamaran dari Muhammad Haris Restu Utama

Ucapan Bella setelah menerima lamaran

Saya juga berterima kasih kepada Haris karena telah mencintai saya dengan tulus dan ikhlas, selalu bisa membuat saya tersenyum ketika saya bersedih, membantu saya ketika saya merasa kesulitan, Haris juga selalu ada untuk saya, dan Haris juga bisa selalu memotivasi saya, mendorong saya untuk menjadi orang yang lebih baik lagi, saya berdoa kepada Allah SWT semoga Haris selalu diberikan kesehatan, mencukupkan rezeki mu, menyempurnakan imam dan akhlak mu, agar Haris bisa menjadi imam Bella dan bisa menjadi pendamping hidup Bella selamanya

Apakah sudah paham betul sifat buruk baik Bella ?

Kita berdua sudah cukup lama menjalani pertemanan yang sangat serius. Selama ini kami berdua selalu belajar dan menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lainnya Saya dan Bella pun menyadari kita bukanlah mahluk yang sempurna, masih banyak yang perlu dibenahi, diperbaiki.
Dan yang paling penting, Insya Allah dengan niat cinta saya yang tulus, segala kekurangan Bella tidak akan pernah menjadi masalah dan tidak akan terlihat sehingga membuat Bella menjadi wanita yang sempurna di mata saya

Ucapan Tamu

Semoga lancar sampai hari H pernikahan, langgeng sampai akhir hayat, dan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohmah

Aku jauh dari sempurna. Lalu apa yang membuatmu yakin?

Saya tidak butuh sosok yang sempurna untuk menjadi pendamping saya. Yang saya butuhkan adalah orang yang sayang kepada saya apa adanya, sosok ibu teladan yang akan membina buah hati saya, seorang yang peduli akan kehidupan saya. Dan itu semua ada pada Bella…. terlebih lagi saya tidak melihat kekurangan yang ada pada diri Bella

Mungkin itu yang sedikit yang bisa saya share tentang prosesi lamaran saya kemaren…. Semoga yang mau lamaran, lancar semua yaaaa 😀
Ini dibawah ada video lamaran, prewed, dan nikahan saya….

Terima Kasih juga buat Visuel Project atas videonya

lamaran
lamaran
lamaran
pesan lamaran
cincin

20 Komentar

hamba allah · September 15, 2020 pada 12:42

ka aku mau nanya, itu pas ditanya2 terus ngejawabnya make teks apa spontan langsung?

    harisrestu · September 15, 2020 pada 15:51

    engga baca dong… malu kalo jawabnya baca wkwkw…
    saya jawabnya tanpa teks tapi ya dipelajarin juga konsep jawabnya hehehe

    Vina Mustika · Januari 3, 2021 pada 11:59

    Terimakasih sangat bermanfaat untuk saya yg ga mudeng soal lamaran nanti ngapain aja nanti gimana😂😂 pikirannya belayang ga karuan

Gluon · September 27, 2020 pada 07:00

Wahh ka ko moo nyeong, kerenn😂👍

    harisrestu · September 27, 2020 pada 16:02

    waduuuww😂😂

Duta sampo · Oktober 7, 2020 pada 19:27

astaga ane yang baper

Newsteen · Oktober 27, 2020 pada 15:35

inspiratif nih

Bulan depan nikah · November 24, 2020 pada 03:38

wah mantap mas, saya malah salah fokus sama mamanya Bella , malah saya kira calon pengantin wanitanya, hahaha , eh tapi mirip banget sama Bella nya mas, terimakasih juga ilmunya mas, insyaAllah bulan depan saya lamaran

    harisrestu · November 24, 2020 pada 05:48

    wkwkw iyaaa awet muda mamanyaa…. semoga lancar juga mas lamarannya

RINDI · Desember 8, 2020 pada 12:11

deg”an juga ya kak kwkwkwk duhh bentar lagi aku nihh awowkwokwok

    harisrestu · Desember 9, 2020 pada 15:05

    semoga lancar ya mba acaranyaaa

mochammad teguh ariyanto · Desember 23, 2020 pada 17:00

Men, gw baca ini dan ngebayangin ngomong gini besok lusa (ane lamaran) jadi terharu.. Thanks inspirasinya.. Semoga tulisan ini menjadi berkah buat lo sekeluarga

    harisrestu · Desember 23, 2020 pada 17:27

    amin aminn semoga lancar ya mas acaranya

Fauzi · Desember 24, 2020 pada 19:39

wahh ris iseng iseng cari inspirasi proses lamaran, pas liat fotomu kayak kenal, ternyata dulu pernah bareng di acara konser salah satu artis korea, semoga tulisannya bermanfaat terus ris aamiin

    harisrestu · Desember 27, 2020 pada 23:52

    qwqwqwqq ngikikk… amin aminn…. moga lancar jugaa mas lamaran nya

Intan · Februari 26, 2021 pada 06:23

Kak, tulisannya izin saya pakai untuk isi cerita saya boleh? Buat prosesi lamarannya jelas banget😁

    harisrestu · Februari 26, 2021 pada 19:18

    boleh mba bolehh…

Darmawan hidayat · Juni 25, 2021 pada 13:24

Sumpah dah ko gue jadi nanggis ya liat nya 😢

Rachel · Agustus 31, 2021 pada 16:22

Iseng2 cari inspirasi lamaran lah kok malah nangis nonton video nikahannya .. terimakasih ya mas udah sharing sangat bermanfaat hehe

    harisrestu · Agustus 31, 2021 pada 16:27

    heheh sama sama mbaaa

Tinggalkan Balasan